Pedoman /
panduan adalah: kumpulan ketentuan dasar yang memberi arah
langkah-langkah yang harus dilakukan. Pedoman merupakan dasar untuk menentukan
dan melaksanakan kegiatan.
Panduan
adalah petunjuk dalam melakukan kegiatan, sehingga dapat diartikan pedoman mengatur
beberapa hal, sedangkan panduan hanya mengatur 1 (satu) kegiatan. Pedoman/
panduan dapat diterapkan dengan baik dan
benar melalui penerapan SPO.
Mengingat
sangat bervariasinya bentuk dan isi pedoman / panduan maka Puskesmenyusun/
membuat sistematika buku pedoman/ panduan sesuai kebutuhan.
Beberapa
hal yang perlu diperhatikan untuk dokumen pedoman atau panduan yaitu :
- Setiap
pedoman atau panduan harus dilengkapi dengan peraturan atau keputusan
Kepala Puskesmas untuk pemberlakuan pedoman/ panduan tersebut.
- Peraturan
Kepala Puskesmas tetap berlaku meskipun terjadi penggantian Kepala Puskesmas.
- Setiap
pedoman/ panduan sebaiknya dilakukan evaluasi minimal setiap 2-3 tahun
sekali.
- Bila
Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Pedoman/ Panduan untuk suatu
kegiatan/ pelayanan tertentu, maka Puskesmasdalam membuat pedoman/ panduan
wajib mengacu pada pedoman/ panduan yang diterbitkan oleh Kementerian
Kesehatan.
- Format
baku sistematika pedoman panduan yang lazim digunakan sebagai berikut :
a. Format
Pedoman Pengorganisasian Unit Kerja
BAB
I Pendahuluan
BAB
II Gambaran Umum Puskesmas
BAB
III Visi, Mis, Falsafah, Nilai dan Tujuan Puskesmas
BAB
IV Struktur Organisasi Puskesmas
BAB
V Struktur Organisasi Unit Kerja
BAB
VI Uraian Jabatan
BAB
VII Tata Hubungan Kerja
BAB
VIII Pola Ketenagaan dan Kualifikasi Personil
BAB
IX Kegiatan Orientasi
BAB
X Pertemuan/ Rapat
BAB
XI Pelaporan
1. Laporan
Harian
2. Laporan
Bulanan
3. Laporan
Tahunan
b. Format
Pedoman Pelayanan Unit Kerja
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Tujuan
Pedoman
C. Ruang
Lingkup Pelayanan
D. Batasan
Operasional
E. Landasan
Hukum
BAB II STANDAR KETENAGAAN
A. Kualifikasi Sumber Daya Manusia
B. Distribusi Ketenagaan
C. Jadual Kegiatan, termasuk Pengaturan
Jaga (Rawat Inap)
BAB III STANDAR
FASILITAS
A. Denah Ruang
B. Standar Fasilitas
BAB IV TATALAKSANA PELAYANAN
BAB V LOGISTIK
BAB VI KESELAMATAN PASIEN
BAB VII KESELAMATAN KERJA
BAB VIII PENGENDALIAN MUTU
BAB IX PENUTUP
c.
Format Panduan Pelayanan Puskesmas
BAB
I DEFINISI
BAB
II RUANG LINGKUP
BAB
III TATALAKSANA
BAB
IV DOKUMENTASI
Sistematika
panduan pelayanan Puskesmas dapat dibuat sesuai dengan materi/ isi panduan.
Pedoman/ panduan yang harus dibuat adalah pedoman/ panduan minimal yang harus
ada di Puskesmas yang dipersyaratkan sebagai regulasi yang diminta dalam elemen
penilaian.
Bagi
Puskesmas yang telah menggunakan e-file
tetap harus mempunyai hardcopy
pedoman/ panduan yang dikelola oleh tim akreditasi Puskesmas atau bagian Tata
Usaha Puskesmas.
(mengacu
pada pedoman penyusunan dokumen akreditasi rumahsakit 2012 dengan penyesuaian
untuk Puskesmas)
0 comments:
Post a Comment