Friday, November 25, 2016

Pedoman / Panduan

Pedoman / panduan  adalah:  kumpulan ketentuan dasar yang memberi arah langkah-langkah yang harus dilakukan. Pedoman merupakan dasar untuk menentukan dan melaksanakan kegiatan.
Panduan adalah petunjuk dalam melakukan kegiatan, sehingga dapat diartikan pedoman mengatur beberapa hal, sedangkan panduan hanya mengatur 1 (satu) kegiatan. Pedoman/ panduan dapat diterapkan  dengan baik dan benar melalui penerapan SPO.
Mengingat sangat bervariasinya bentuk dan isi pedoman / panduan maka Puskesmenyusun/ membuat sistematika buku pedoman/ panduan sesuai kebutuhan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dokumen pedoman atau panduan yaitu :
  1. Setiap pedoman atau panduan harus dilengkapi dengan peraturan atau keputusan Kepala Puskesmas untuk pemberlakuan pedoman/ panduan tersebut.
  2. Peraturan Kepala Puskesmas tetap berlaku meskipun terjadi penggantian Kepala Puskesmas.
  3. Setiap pedoman/ panduan sebaiknya dilakukan evaluasi minimal setiap 2-3 tahun sekali.
  4. Bila Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Pedoman/ Panduan untuk suatu kegiatan/ pelayanan tertentu, maka Puskesmasdalam membuat pedoman/ panduan wajib mengacu pada pedoman/ panduan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan.
  5. Format baku sistematika pedoman panduan yang lazim digunakan sebagai berikut :
a.       Format Pedoman Pengorganisasian Unit Kerja
BAB I   Pendahuluan
BAB II  Gambaran Umum Puskesmas
BAB III Visi, Mis, Falsafah, Nilai dan Tujuan Puskesmas
BAB IV Struktur Organisasi Puskesmas
BAB V Struktur Organisasi Unit Kerja
BAB VI Uraian Jabatan
BAB VII Tata Hubungan Kerja
BAB VIII Pola Ketenagaan dan Kualifikasi Personil
BAB IX Kegiatan Orientasi
BAB X Pertemuan/ Rapat
BAB XI  Pelaporan
1.      Laporan Harian
2.      Laporan Bulanan
3.      Laporan Tahunan
b.      Format Pedoman Pelayanan Unit Kerja
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
B.   Tujuan Pedoman
C.   Ruang Lingkup Pelayanan
D.  Batasan Operasional
E.   Landasan Hukum
                   BAB II  STANDAR KETENAGAAN
A.   Kualifikasi Sumber Daya Manusia
B.    Distribusi Ketenagaan
C.    Jadual Kegiatan, termasuk Pengaturan Jaga (Rawat Inap)          
                   BAB III   STANDAR  FASILITAS
A.     Denah Ruang
B.      Standar Fasilitas
                   BAB IV   TATALAKSANA PELAYANAN
                   BAB V     LOGISTIK
                   BAB VI   KESELAMATAN PASIEN
                   BAB VII  KESELAMATAN KERJA
                   BAB VIII            PENGENDALIAN MUTU
                   BAB IX   PENUTUP
c.       Format Panduan Pelayanan Puskesmas
BAB I       DEFINISI
BAB II      RUANG LINGKUP
BAB III    TATALAKSANA
BAB IV    DOKUMENTASI
Sistematika panduan pelayanan Puskesmas dapat dibuat sesuai dengan materi/ isi panduan. Pedoman/ panduan yang harus dibuat adalah pedoman/ panduan minimal yang harus ada di Puskesmas yang dipersyaratkan sebagai regulasi yang diminta dalam elemen penilaian.
Bagi Puskesmas yang telah menggunakan e-file tetap harus mempunyai hardcopy pedoman/ panduan yang dikelola oleh tim akreditasi Puskesmas atau bagian Tata Usaha Puskesmas.

(mengacu pada pedoman penyusunan dokumen akreditasi rumahsakit 2012 dengan penyesuaian untuk Puskesmas)

0 comments:

Post a Comment